Rabu, 09 Agustus 2017

Pertumbuhan Sekunder

     Selain meristem primer, terdapat pula meristem sekunder. Pertumbuhan pada bagian meristem sekunder disebut dengan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan sekunder berpengaruh terhadap pelebaran batang, pembentukan lingkar tahun dan jari-jari empulur. Jari-jari empulur merupakan jaringan parenkim yang menghubungkan kulit kayu dengan empulur.

     Sel-sel pada kambium yang terletak antara xilem dan floem merupakan sel-sel yang aktif membelah. Kambium yang terdapat pada tumbuhan terbagi 2, yaitu kambium vaskuler dan kambium gabus. 

     Kambium vaskuler terletak antara xilem dan floem dan membentuk lingkaran pada batang dan akar. Pertumbuhan kambium ke arah dalam membentuk xilem sekunder, sedangkan pertumbuhan ke arah luar membentuk floem sekunder. Hal ini menyebabkan pembesaran batang tumbuhan. Pembentukan xilem dan floem sekunder ini disebut juga pertumbuhan sekunder tumbuhan.


     Pertumbuhan sekunder karena kegiatan kambium ini sangat dipengaruhi oleh musim. Biasanya aktivitas kambium meningkat ketika berada pada musim penghujan, kemudian menjadi menurun pada musim kemarau atau pada kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan. Hal ini tentu akan mempengaruhi jumlah xilem dan floem sekunder yang dihasilkan. Aktivitas kambium ini meninggalkan bekas berupa lingkaran-lingkaran yang biasa disebut lingkaran tahun.


     Nah, dari pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa setiap tumbuhan mempunyai waktu untuk tumbuh dan memberikan hasil. Pertumbuhan pada tumbuhan tidak secepat manusia ataupun hewan yang dapat terlihat oleh mata. Oleh karena itu, meskipun tumbuhan tersebut hanya diam, namun tumbuhan juga tetap melakukan proses-proses pertumbuhan sebagai salah satu cirinya sebagai mahluk hidup. 

Pertumbuhan Sekunder pada Tumbuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertumbuhan Pada Tumbuhan

     Pertumbuhan  adalah adanya perubahan bentuk dikarenakan bertambahnya jumlah sel yang diikuti dengan pembesaran ukuran sel-sel yang mem...