Rabu, 09 Agustus 2017

Pertumbuhan Primer

     Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan yang paling mendasar yang terjadi pada tumbuhan. Pertumbuhan ini terjadi karena adanya kegiatan pembelahan sel yang terjadi terus menerus pada jaringan meristem primer.


Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan

     Jaringan meristem merupakan titik tumbuh pada tumbuhan yang terletak pada daerah ujung akar dan ujung batang. Daerah ini disebut juga daerah meristematik. Pertumbuhan pada daerah-daerah meristematik tersebut mengakibatkan terjadinya perpanjangan akar, batang serta pelebaran daun. Pertumbuhan primer ini mencakup pembentukan epidermis, korteks, floem primer, xilem primer dan empulur. Adapun titik tumbuh primer dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:


a. Ujung akar

     Sel-sel meristem yang terdapat di ujung akar akan mengalami pertumbuhan yang pertama kali membentuk struktur akar. Bagian yang paling cepat tumbuh terdapat pada bagian belakang ujung akar. Pada bagian ini terdapat daerah titik tumbuh yang meliputi daerah pembelahan sel, daerah pemanjangan dan daerah pendewasaan.

     Sel-sel di belakang titik tumbuh akan berkembang menjadi jaringan-jaringan penyusun akar, yaitu jaringan epidermis, korteks, endodermis dan silinder pusat.

b. Daerah pemanjangan yang terletak setelah daerah pembelahan

     Pada daerah ini perkembangan sel-sel menyebabkab pertambahan ukuran tumbuhan.


Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan


c. Daerah diferensiasi

     Sel-sel di daerah ini mengalami diferensiasi menjadi sel-sel yang memiliki fungsi khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertumbuhan Pada Tumbuhan

     Pertumbuhan  adalah adanya perubahan bentuk dikarenakan bertambahnya jumlah sel yang diikuti dengan pembesaran ukuran sel-sel yang mem...